Cara Mengecek Sertifikat Tanah Online Paling Lengkap

Cara mengecek sertifikat tanah online sangat penting untuk diketahui. Terutama Anda yang akan dan sedang melakukan transaksi jual beli tanah, maka harus mengecek keaslian sertifikat. Sertifikat tanah menjadi salah satu hal penting dalam kepemilikan.

Banyak sekali kasus mengenai duplikasi sertifikat yang memang sangat mirip. Terlebih, ciri sertifikat tanah asli hampir sama dengan duplikasinya. Jika pembeli ceroboh, maka hal ini sangatlah berbahaya. Kini, tidak perlu repot lagi untuk melakukan pengecekan karena sudah bisa secara online.

Sampai saat ini, banyak sekali kasus mengenai duplikasi sertifikat tanah. Kelalaian pembeli karena tidak mengecek keaslian selalu menjadi hal yang paling sering terjadi.

Jadi, Anda sebagai pembeli harus melakukan cek terhadap keaslian sertifikat. Termasuk informasi yang terdapat dalam sertifikat harus sesuai pada data yang ada.

Tertarik mengetahui cara mengecek sertifikat tanah online? Jangan khawatir, artikel dibawah ini akan mengulasnya lengkap untuk anda.

Cara Mengecek Sertifikat Tanah Online Dengan Lengkap

Dibawah ini, akan kami sampaikan apa saja tahapan yang harus Anda lakukan untuk melakukan pengecekan sertifikat secara online. Berikut tahapannya:

Baca Juga:

Peta BPN Online

Peta BPN Online sebagai rujukan untuk mengecek sertifikat tanah online

Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang membantu mempermudah pengecekan bidang tanah. Yaitu dengan menyediakan peta BPN untuk membantu masyarakat mempermudah melihat bidang yang dibutuhkan.

Beragam fitur pada peta BPN sangat memberikan informasi yang begitu jelas. Seperti bentuk bidang tanah yang sudah bersertifikat dan bidang tanah yang masih belum bersertifikat.

Juga jenis hak sampai dengan perhitungan zona nilai tanah. Nah, bagi Anda yang tertarik ingin melihatnya bisa klik disini.

Siapkan Berkas Utama

Sudah pasti, dalam melakukan pengecekan membutuhkan berkas utama. Terdapat beberapa berkas yang harus anda penuhi untuk dapat dilakukan pengecekan langsung ke BPN.

Ini dia beberapa berkasnya:

  • Sertifikat tanah yang akan di periksa
  • Fotokopi KTP pemilik sertifikat
  • Surat kuasa pengecekan dari PPAT kepada pegawai
  • Permohonan pengecekan sertifikat, dimana form sudah tersedia di BPN
  • Biaya pengecekan Rp. 50.000,-

Beberapa berkas diatas harus anda penuhi sebelum melakukan pengecekan. Jika salah satu berkas tidak bisa dipenuhi, maka pengecekan tidak akan dilakukan. Karena, berkas yang ada memang harus lengkap dan jelas informasinya.

Loket BPN Online

Kemudian, untuk tahapan selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mendaftar ke loket. Sekarang, sangat mudah melakukan proses pendaftaran. Karena, bisa dilakukan secara online dan memudahkan agar anda tidak menunggu terlalu lama. Yaitu dengan memanfaatkan situs resmi sebagai loket BPN online.

Bagaimana caranya? Anda bisa mengecek kantor yang terdapat di setiap wilayah. Jadi, Anda hanya perlu menyesuaikan pada kebutuhan wilayah masing-masing.

Untuk mengeceknya anda bisa klik disini. Maka, akan diberikan situs resmi setiap kantor BPN di masing-masing wilayah.

Cek Berkas BPN Online

Cek Berkas BPN online sebagai salah satu cara mengecek sertifikat tanah online

Setelah anda menyelesaikan tahapan loket, maka perlu menunggu beberapa hari untuk pengecekannya. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa tetap memantau status pengerjaan sudah sampai loket yang mana. Hal ini memungkinkan anda agar tidak perlu ke kantor dan menunggu lagi.

Karena, sudah tersedia laman website yang membantu pengecekan berkas ini. Anda hanya perlu mengisi beberapa form yang sesuai, kemudian dapat dilakukan pengecekan.

Cara cek berkas BPN online lebih lengkapnya, anda bisa memperhatikan dibawah ini:

  • Pertama, anda bisa menuju halaman cek berkas dengan klik disini
  • Kemudian, akan tampil isian form yang dapat anda sesuaikan
  • Masukan kantor wilayah daerah Anda
  • Lanjut pilih kantor pertanahan kota
  • Kemudian, masukan nomor pendaftarannya
  • Setelah itu, isikan tahun dari pendaftaran pengecekan berkas
  • Terakhir, klik cari berkas.
  • Maka akan tampil informasi berkas yang anda lakukan pengecekan sudah sampai loket mana.

Cek Berkas BPN Online - 1

Cek Berkas BPN Online - 2

Aplikasi Layanan BPN Online

Pemerintah berusaha ikut serta mengembangkan aplikasi pelayanan secara online untuk memudahkan masyarakat dalam berbagai macam hal. Termasuk melakukan pengecekan untuk keaslian sertifikat tanah secara online.

Berikut beberapa layanan BPN online yang dapat digunakan:

Sentuh Tanahku

Aplikasi Sentuh Tanahku Online dari BPN

Pengguna aplikasi pada smartphone meningkat dengan sangat tajam. Bahkan, hampir seluruh masyarakat saat ini memiliki ponsel. Nampaknya, hal ini memang di manfaatkan dengan baik oleh pemerintah untuk mebantu dalam sektor pertanahan. Yaitu dengan menyediakan aplikasi “Sentuh Tanahku” untuk android maupun IOS.

Aplikasi ini membantu mereka yang ingin melakukan pengecekan secara cepat. Layanan online yang diberikan sangat mudah bahkan berjalan dengan begitu baik. Termasuk untuk pengecekan sertifikat yang bisa dilakukan pada aplikasi ini.

Hanya menggunakan aplikasi ini, bisa mencari tahu penelusuran proses pengecekan atapun mengetahui lokasi suatu bidang tanah. Serta, dapat melakukan perhitungan biaya pengukuran tanah BPN yang diperlukan.

Dengan adanya aplikasi sentuh tanahku, membantu bagi semua masyarakat. Tidak hanya yang melakukan pengecekan satu kali saja. Tetapi juga untuk mereka yang melakukan transaksi cukup banyak. Karena, keaslian dokumen sertifikat merupakan hal yang penting. Sehingga tidak perlu lagi mengecek ke kantor.

Untuk cara penggunaanya anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  • Pertama, download aplikasi “ Sentuh Tanahku” di app store ataupun playstore
  • Kemudian buka aplikasi dan anda akan masuk pada form login.
  • Jika belum mendaftar, maka harus melakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pengguna dapat melakukan login menggunakan username dan
  • Terakhir, dapat menggunakan fitur termasuk untuk melakukan pengecekan berkas sertifikat sudah melalui loket mana saja.

Baca juga:

Website Badan Pertanahan Nasional

Website Badan Pertahanan Nasional

Pemerintah menyediakan situs website untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai pertanahan. Berbagai layanan juga disediakan untuk membantu proses kebutuhan yang masyarakat inginkan. Seperti halnya mengetahui informasi persyaratan berkas, proses yang berlangsung sampai dengan simulasi untuk pembayarannya.

Anda bisa mengunjungi laman websitenya dengan klik disini. Terdapat beragam informasi yang mungkin anda butuhkan mengenai pertanahan. Sehingga penting untuk mengetahui website ini.

Selain itu, website ini diwujudkan sebagai komitmen Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia untuk mneyediakan transparansi layanan. Tidak hanya transparan saja, melainkan juga akuntabel.

Serta, dapat menjadi layanan yang mudah dalam pengaksessannya. Karena, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang berada di luar jangkauan kantor pertanahan. Belum lagi mengenai antrian yang cukup panjang dalam pelayanan secara offline.

Untuk itu, dengan adanya website jelas sangat membantu meningkatkan layanan agar berjalan dengan cepat dan tidak merepotkan masyarakat.

Masyarakat hanya perlu mendatangi kantor satu kali saja untuk menyerahkan berkas. Kemudian, melihat status berkas tersebut dapat melalui website BPN. Dengan begitu, tidak perlu repot dan banyak waktu yang dapat digunakan untuk hal lainnya.

Penutup

Begitulah cara mengecek sertifikat tanah online yang dapat Anda lakukan. Jadi, sangat mudah bukan untuk mengeceknya? Sebelum transaksi jual beli terjadi, ada baiknya anda melakukan cek keaslian sertifikat menggunakan cara diatas. Dijamin, jual beli anda akan jauh lebih aman!